X-Steel - Alternate Select

Thursday, April 19, 2012

Cara Memperpanjang Umur Harddisk


     Harddisk adalah komponen yang berfungsi sebagai media penyimpanan utama dalam sebuah komputer. Di harddisk inilah seluruh SO (Sistem Operasi) dan mekanisme kerja lainnya dijalankan dan tempat setiap data dan informasi disimpan.

     Harddisk terdiri beberapa komponen penting, komponen utamanya adalah pelat (platter) yang berfungsi sebagai penyimpan data. Pelat ditempatkan dalam suatu poros yang disebut spindle. Harddisk bisa mengalami kerusakan yang cukup parah jika ada masalah pada komponen-komponen penting yang terdapat di dalam harddisk. Ada beberapa cara agar harddisk tetap awet. 

Cara-cara untuk memperpanjang umur harddisk adalah:
 
1.      Usahakan komputer tidak langsung tercolok/terhubung ke listrik PLN. Gunakan stabilizer yang menggunakan regulator servo.
2.      Jangan biarkan harddisk terlalu panas. Buatlah aliran udara di dalam casing berjalan dengan baik dengan memasang fan yang cukup.
3.      Lakukan perawatan dan pembersihan secara teratur. Untuk perawatan kita bisa melakukan defrag (penataan ulang file, sektor, track, dan cluster pada harddisk sehingga terkelompok secara teratur berdasarkan logika penataan tertentu) dan Scandisk (suatu program untuk mengecek dan memeriksa apakah terjadi kerusakan pada harddisk atau tidak, sekaligus memperbaikinya). Untuk pembersihan kita lakukan pembuangan/penghapusan file-file yang tidak berguna setelah kita menjalankan komputer.
4.      Jangan mematikan komputer secara paksa karena akan membuat head harddisk tetap di atas pelat ketika komputer dalam keadaan mati. Bila ini dibiarkan terjadi dan berulang-ulang, pelat harddisk bisa tergores (mengakibatkan bad sector) atau head tidak mau membaca data (haddisk mati sama sekali).
5.      Buat partisi secara terpisah. Pemisahan data dari drive sistem operasi dan aplikasi akan menolong kita seandainya terjadi suatu masalah dari komputer kita. Misal di (C: ) kita gunakan untuk menyimpan SO (Sistem Operasi), dan (D: ) kita gunakan untuk menyimpan aplikasi.
6.      Hindari harddisk kurang dari 1/8. Harddisk membutuhkan ruang kosong yang agak longgar karena kadangkala terjadi swap file dan proses ini memakan ruang.

No comments:

Post a Comment